Distro Academy : School of Clothing

Mengenal Aneka Macam Sablon Kaos

Kawan,
Setidaknya ada empat jenis teknik printing yang dapat diaplikasikan di garment. Ke empat teknis ini banyak diterapkan di pasar sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Berikut ini gambaran umum empat teknik printing di garment.

1. Sablon Manual
Sablon jenis ini adalah sablon yang paling tua dan banyak diaplikasikan dalam kaos distro. Ada tiga teknik utama yang banyak digunakan. Pertama, sablon spot colour. Sablon jenis ini berupa sablon yang solid cetaknya. Sablon jenis ini banyak menggunakan tinta berbasis water base (rubber). Kedua, sablon raster, atau sablon yang berbasis pada dot atau partikel2 warna lembut sesuai dengan warna yang diambil. Sablon raster banyak diaplikasikan pada sablon berbasis realistik. Tinta yang banyak digunakan adalah tinta berbasis minyak (oil base), yang populer disebut plastisol. Sablon jenis ketiga, adalah sablon spesial effect. Sablon jenis ini menggunakan berbagai efek tinta, mulai dari puff, discharge, glow in the dark, high density, neon dan lainnya.


2. Sablon Digital
Untuk sablon digital, bisa dibagi menjadi dua. Pertama, sablon menggunakan tinta sublimasi yang menggunakan printer berbasis tinta yang diprint dalam kertas transper paper. Sablon ini cocok untuk sablon satuan. Jika jumlahnya banyak, maka menggunakan metode yang kedua, yaitu melalui offset sehingga lebih ekonomis dan cepat. Salah satu produk akhir jenis ini adalah kaos partai.


3. Direct to Garment DTG)
Jika sablon digital menggunakan tinta sublim, maka DTG menggunakan tinta garment. Ada dua produk yang populer, DTG berbasis printer rakitan dan DTG berbasis printer built up. Secara kualitas. DTG jauh lebih baik daripada sablon digital, karena memang tinta yang digunakan adalah tinta garment yang secara kualitas dan warna jauh lebih baik.


4. Printing Industry
Jenis printing terakhir adalah yang saya sebut sebagai printing industry. Jenis printing ini memang menggunakan skala besar dan lebih profesional. Akhir-akhir ini, printing jenis ini berkembang pesar dengan seiring maraknya komunitas-komunitas yang muncul. Seperti komunitas speda, trill dan lainnya yang menggunakan bahan jersey, climacool, nylon maupun spandek. Namun demikian, biaya investasinya memang cukup besar.

Demikian, sekilas mengenal printing dalam insurty garment, semoga menambah wawasan tentan tekstil printing. @distroacademy