Distro Academy : School of Clothing

Keluar dari Jebakan Komoditas
















Hampir 5 tahun memproduksi kaos polos, sampai punya pelanggan loyal. Bisnis kaos polos, sebenarnya bisnis tipis-tipis. Atau lebih tepatnya, bisnis dengan margin atau untung yang tidak banyak.

Karakter bisnis dengan untung yang tipis, volume jualan harus banyak. Tanpa volume tinggi, maka akan memakan ongkos produksi. Dan begitulah cara kerja bisnis berbasis komoditas.

Kenapa jualan kaos polos masuk kategori komoditas (umumnya). Karena kita susah membedakan kaos polos yang satu dengan lainnya. Semua hampir sama. Bahkan cuatomer susah bedain mana itu bahan combed, cardet ataupun TC.

Jebakan komoditas inilah yang kemudian menyebabkan bisnis kaos polos adalah bisnis banting harga. Selisih seperak, dua perak cuatomer bisa ngacir belanja ditempat yang lain. Bisnis yang memang berdarah-darah. Loyalitas ada di harga murah.

Nah, bagaimana menghindari jebakan komoditas. Kita musati merubah bandul, dari komoditas menjadi branded. Apa kunci branded, berbeda. Ya, kuncinya berbeda. Selagi barang yang dijual sama, maka orang akan cenderung memilih yang lebih murah. Tetapi ketika ada pembeda, maka harga tidak lagi menjadi acuan.

Jadi, kunci agar tidak terjebak perang harga adalah menjadi berbeda. Berbeda inilah hakekat produk branding. Siapkah anda berbeda.
***

Belajar Bisnis Konveksi
www.sekolahkonveksi.com